Wednesday, January 23, 2013

CARA MEMBUAT ANALISA KORELASI DAN REGRESI SPSS

Sebelum membuat analisa, laptop / komputer harus diinstal SPSS terlebih dahulu. SPSS yang saya gunakan adalah IBM SPSS Statistics 20 [Portable]. Setelah diinstal, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Input data ke SPSS.
Ada 2 view dalam SPSS, yaitu Data View dan Variable View. Data di input ke Data View. 

Sementara Variable View digunakan untuk memberi nama variabel.



2. Langkah selanjutnya yaitu Uji Normalitas. Untuk melakukannya, pilih menu Analyze, kemudian pilih Descriptive Statistics, lalu Explore.


Setelah muncul kotak dialog, pindahkan variabel Nilai Impor dan Pendapatan Nasional ke kotak Dependent List. Kemudiakn klik Plots. Lalu aktifkan box Normality plots with tests, klik Continue lalu OK.




Ini hasil Uji Normalitas

3. Tahap selanjutnya adalah tahap analisis. Pilih menu Analyze, lalu Correlate dan klik Bivariate.


Setelah muncul kotak dialog, pindahkan variabel Nilai Impor dan Pendapatan Nasional ke kotak Variables. Aktifkan box Pearson dan klik OK.



Ini hasil analisis Korelasi Pearson

4. Untuk melakukan analisis Korelasi Spearman, caranya sama seperti melakukan analisis Korelasi Pearson. Hanya saja, box yang diaktifkan saat kotak dialog muncul adalah box Spearman. Kemudian klik OK.



Ini hasil analisis Korelasi Spearman

5. Untuk melakukan analisis Korelasi Partial. Pilih menu Analyze, lalu Correlate dan klik Partial. 


Setelah muncul kotak dialog, pindahkan variabel Nilai Impor dan Pendapatan Nasional ke kotak Variables, dan variabel Tahun ke kotak Controlling for. Klik OK.



Ini hasil analisis Korelasi Partial

6. Selanjutnya yaitu analisis Korelasi Ganda. Karena tidak ada menu khusus korelasi ganda di SPSS, maka menggunakan regresi. Pilih menu Analyze, lalu Regression dan klik Linear. 


Setelah muncul kotak dialog, pindahkan variabel Nilai Impor ke kotak Dependent dan variabel Pendapatan Nasional ke kotak Independent(s). Lalu klik OK.



Ini hasil analisis Korelasi Ganda

7. Tahap selanjutnya yaitu analisis regresi. Untuk melakukan analisis Regresi Sederhana, pilih menu Analyze, lalu Regression dan klik Linear. 


Setelah muncul kotak dialog, pindahkan variabel Nilai Impor ke kotak Dependent dan variabel Pendapatan Nasional ke kotak Independent(s). Klik OK.



Ini hasil analisis Regresi Sederhana

8. Untuk melakukan analisis Regresi Ganda. Pilih menu Analyze, lalu Regression dan klik Linear. Setelah muncul kotak dialog, pindahkan variabel Tahun ke kotak Dependent, sedangkan variabel Nilai Impor dan Pendapatan Nasional ke kotak Independent(s). Klik Statistics. Aktifkan box Collinearity diagnostics dan klik Continue. Klik OK.



Ini hasil analisis Regresi Ganda

NB : Setiap selesai melakukan analisis, hasil analisisnya di save. Setelah semuanya selesai, data yang diinput pertama kali juga di save.

No comments:

Post a Comment